SWEAR!! THINK AGAIN IF YOU WANNA SAY SWEAR

Bersumpah ?? Swear??

Tahukah kalian bahwa makna kata sumpah itu dalam sekali. Berdasar kamus besar bahasa Indonesia arti sumpah adalah pernyataan yg diucapkan secara resmi dengan bersaksi kepada Tuhan atau kepada sesuatu yg dianggap suci (untuk menguatkan kebenaran dan kesungguhannya dsb): pernyataan disertai tekad melakukan sesuatu untuk menguatkan kebenarannya atau berani menderita sesuatu kalau pernyataan itu tidak benar; 3 janji atau ikrar yg teguh (akan menunaikan sesuatu).

menurut Tuhan Yesus sumpah itu adalah kata yang tidak boleh sembarangan diucapkan.  Ingat kata-kata punya kuasa dalam bagian  hidup kita.  Tuhan Yesus berfirman dalam Matius 5 : 33-37
(33) Kamu telah mendengar pula yang difirmankan kepada nenek moyang kita.  Jangan bersumpah palsu melainkan peganglah sumpahmu di depan Tuhan.
(34) Tetapi AKU berkata kepadamu : Janganlah sekali-kali bersumpah baik demi langit, karena langit adalah takhta Allah.
(35) maupun demi bumi karena bumi adalah tumpuan kaki-NYA, ataupun demi Yerusalem karena Yerusalem adalah kota Raja besar.
(36) janganlah juga engkau bersumpah demi kepalamu, karena engkau tidak berkuasa memutihkan atau menghitamkan sehelai rambut pun.

Tuhan Yesus menyampaikan secara tegas bahwa sumpah itu tidak boleh dipermainkan, jika memang bersumpah ya peganglah sumpah itu sebagai komitmen pada Tuhan, bukan hanya sekedar pembelaan di depan manusia ataupun gengsi atau malah sebagai bahan candaan.  untuk menghindari menggunakan kata sumpah, Tuhan Yesus telah memberi solusi pada ayat 37 : jika ya hendaklah kamu katakan ya, jika tidak hendaklah kamu katakan tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.

mari menggunakan kata sumpah dengan bijaksana, sebagai suatu janji atau komitmen hanya untuk TUHAN.  kurangi bahkan kalau bisa tidak menggunakan kata sumpah dalam bercanda. 

 INGAT SUMPAH SEBAGAI KOMITMEN BUAT TUHAN DAN KITA TIDAK BERKUASA BERSUMPAH ATAS APA BUMI, LANGIT,dsb.  BAHKAN ATAS KEPALA DIRI KITA -KITA TIDAK PUNYA KUASA.  

TUHAN YESUS SUDAH BERKATA : JANGAN  BERSUMPAH SEBAGAI PERINGATAN, SEBAGAI ANAK TUHAN SEHARUSNYA KITA MENAATI LARANGAN TUHAN.


Komentar