Gensindo Journalism Camp


GenSindo Journalism Camp
     

          
Minat generasi muda di bidang menulis sebenarnya banyak, tidak hanya mahasiswa yang bergelut di bidang jurnalistik saja, hampir semua jurusan ada mahasiswa yang tertarik di bidang jurnalistik.   Menulis itu kegiatan yang sangat bermanfaat, selain bisa mengungkapkan apa yang dirasakan dan opini, menulis juga bisa membuat kita lebih peka dan kritis dalam menganalisis suatu informasi/ berita. Generasi muda Indonesia sekarang ini diharapkan bisa menulis, melalui tulisan diharapkan generasi muda lebih peka terhadap apa yang terjadi di sekitar. Hal inilah yang melandasi Koran Sindo mengadakan pelatihan jurnalistik.
         Koran Sindo bekerjasama dengan Bank Indonesia dan Indofood  mengadakan pelatihan jurnalistik GENSINDO Journalism Camp bagi mahasiswa untuk belajar  tentang jurnalistik lebih dalam lagi..  Pelatihan yang diselenggarakan  yang diselenggarakan di Wisma Indofood, Cibodas, Cianjur, Jawa Barat (13-15.), ini diikuti 50 peserta dari berbagai komunitas, di antaranya lembaga pers mahasiswa, Gensindo dan GenBI (komunitas penerima beasiswa Bank Indonesia) yang berasal dari berbagai kampus seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, dan Institut Pertanian Bogor (IPB).
Dalam pelatihan ini, peserta tidak hanya diberikan materi berkaitan dengan jurnalistik saja, ada juga informasi tentang peran Bank Indonesia sebagai Bank Sentral dan Gerakan Cinta Rupiah yang disampaikan oleh Deputi Direktur Departemen Komunikasi BI Andiwiana Septonarwanto.


Hal yang sangat menarik dalam pelatihan ini adalah pada hari kedua.  Peserta camp mendapat tugas untuk hunting foto di kawasan wisata Cibodas.  Ternyata, menjadi fotografer berita bukanlah hal yang mudah seperti yang dibayangkan saat pemaparan materi.   Foto yang dihasilkan harus menggambarkan berita yang akan disampaikan, untuk mendapatkan sudut pandang yang tepat dalam memotret diperlukan kreativitas dan imajinasi yang tinggi. Selama perjalanan untuk mencari potret kehidupan yang layak dijadikan foto berita, peserta sangat antusias mengamati apa yang terjadi di sekitar.  Pelajaran yang sangat menarik, selain belajar memotret dari sudut pandang yang bagus, peserta juga belajar berinteraksi dengan warga setempat untuk memperoleh informasi yang diinginkan.  Adanya interaksi sosial  meningkatkan kepekaan peserta untuk lebih mengenal lingkungan.

Ikut Gensindo Journalism Camp dijamin menyenangkan.  Selain belajar, kita juga nambah jaringan pertemanan.  Pesertanya dari berbagai wilayah.  Oya, kakak-kakak dari Sindo juga seru banget, mereka welcome banget. Cerita pengalaman mereka sangat seru, ga bosen dengerinnya. hahaha
Temen-temen barunya juga asyik, disini ga ada gap, kita semua sama dan saling membaur.

Berikut ada beberapa foto  selama Gensindo Journalism Camp

Peserta dan panitia Gensindo Journalism Camp foto bersama membawa produk tabloid Manunggal dan buletin Jawa Pos

Kelompok hunting foto. Sebenarnya ada lima orang, tapi ngilang satu. (Aprisya,Rabia,Elsa, Ricky)


Ekspresi bingung dan lelah, mereka sedang mencari momen yang dapat diabadikan jadi foto berita. (kiri ke kanan : Gina, Shabrina, Mehran, dan Markus) Mereka lucu sekali.hahaha










 

Komentar