GENSINDO JOURNALISM CAMP (Day 1)

                Gensindo Journalism camp adalah pelatihan jurnalistik yang diadakan oleh Koran Sindo bagi mahasiswa yang tertarik dengan bidang jurnalistik. Sedangkan nama Gensindo sendiri adalah nama komunitas mahasiswa volunteer yang tertarik dengan bidang jurnalistik.  Dalam koran Sindo, ada rubrik untuk Gensindo setiap hari Sabtu.  Harapannya, setelah kegiatan ini selesai, mahasiswa yang belum bergabung dengan Gensindo, bisa bergabung bersama dan turut berpartisipasi untuk mengisi rubrik Gensindo.
          Tahun 2015 ini merupakan tahun pertama diadakan camp pelatihan jurnalistik di luar Jakarta.  Pelatihan jurnalistik sebenarnya sudah diadakan beberapa kali, tapi hanya diadakan di Gedung Sindo saja.  Nah, khusus untuk tahun ini, Koran Sindo bekerja sama dengan Bank Indonesia dan Indofood untuk mengadakan pelatihan jurnalistik.  Kegiatannya pun dikemas lebih spesial dari tahun sebelumnya. Pelatihan diadakan di Wisma Indofood, Cibodas, Cianjur, Jawa Barat.  Tempatnya nyaman banget, fasilitasnya sangat bagus, dan lokasinya strategis dekat dengan kawasan wisata Cibodas.  
            Hari pertama (Rabu,13/8/2015), peserta berkumpul di Gedung Sindo pukul 07.00 untuk registrasi.  Pelatihan ini diikuti 50 peserta dari Gensindo (Komunitas mahasiswa volunteer Koran Sindo) lembaga pers mahasiswa, GenBI (Generasi Baru Indonesia), dan wartawan junior.  kami berngkat dari Jakarta sekitar pukul 09.00 dan sampai Cibodas pukul 12.00.  Sesampai Cibodas, peserta beristirahat sebentar sebelum mengikuti sesi kegiatan.

          Sesi 1, kami mendapat materi dari mbak Hana (Redpel Koran Sindo), dia memaparkan materi tentang penulisan berita dan teknik wawancara.  Setelah pemaparan materi dari mbk Hana, para peserta langsung mendapat tugas untuk membuat berita dari kasus yang disediakan.  Waktu yang diberikan hanya 15 menit untuk menyelesaikannya.  Pelajaran banget, belajar buat kerja cepet, harus cepet tanggap dengan kasusnya supaya bisa membuat tulisan yang baik. Jujur, kalau aku sendiri masih belum bagus dalam pengembangan isi berita, aku masih perlu banyak bleajar, banyak membaca juga supaya banyak diksi dan pilihan kata yang bisa aku tuangkan dalam tulisan. 
Dari sesi 1 ini, ada satu hal yang bisa diteladani untuk lembaga pers mahasiswa Manunggal Undip berkaitan dengan pelatihan jurnalistik.  Penugasan untuk peserta pelatihan diberikan waktu yang singkat saja, jangan sampai 1x24 jam, Penugasan dengan contoh kasus dapat mempermudah proses penulisan oleh peserta.
Selfie with Mbak Hana (Redpel Koran Sindo). i'm so proud of her, she is so incredible,/amazing,



     

Komentar