Grenjengan Kembar, Tenangkan Hati Menyatu dengan Bisik Alam

Hari yang cerah memang momen yang tempat untuk berjalan-jalan, momen puasa H-2 lebaran, saya berkesempatan jalan-jalan untuk mengenal sekitar, yaitu di daerah Pakis, Kabupaten Magelang. Saya tak menyangka bahwa Pakis menyimpan tempat wisata yang sangat indah. Curug Grenjengan Kembar merupakan tempat wisata yang terletak di Dusun Citran, Desa Muneng Warangan, Kabupaten Magelang. Curug ini disebut kembar karena ada 2 titik air terjun yang bersebelahan dan sebenarnya masih ada satu lagi titik air terjun. Jika perjalanan dari Kota Magelang, kurang lebih membutuhkan waktu 30-60 menit sudah dapat sampai di parkiran wisata Grenjengan Kembar. Wisatawan tidak perlu kuatir nyasar, karena papan petunjuk jalan menuju air terjun eksotis ini sangat memadai keberadaannya. Jarak antara parkiran dan lokasi curuk sekitar 500 meter (ga jauh kan? lumayan buat bakar kalori :p). Sepanjang perjalanan, wisatawan akan disuguhi indahnya pemandangan pohon pinus yang tinggi menjulang. Sebelum masuk ke daerah pinus, wisatawan akan melewati dinding tanah berlumut, yang menurut saya dapat dijadikan sebagai salah satu tempat untuk berfoto, kira-kira panjangnya 10-15 meter. Setelah melewati dinding tanah berlumut hijau, wisatawan akan berjalan turun melewati jembatan bambu. Saat melewati jembatan ini sebaiknya jangan berlari-lari karena bambunya dapat membuat kaki kita tergelincir, jadi hati-hati ya!.
Tebing lumut

Setelah melewati jembatan, wisatawan dapat melihat indahnya pohon pinus yang tinggi menjulang. Menikmati desir angin yang pelan menerpa tubuh. Kesegaran alam yang dapat membuat relaksasi pikiran.


Hutan pinus Air terjun yang termasuk dalam kawasan wisata taman nasional Gunung Merbabu ini sangat indah pesonanya. Bebatuan besar yang ada merupakan keindahan alami, seolah belum banyak manusia yang menjamahnya. Fasilitas di kawasan wisata ini sudah cukup memadai, sudah ada toilet dan juga kantin.


 Keseriusan pengelola terhadap objek wisata ini sudah sangat baik, tempat wisata ini sudah mengikuti peraturan tentang pajak wisata, pemasangan plang dan petunjuk jalan juga sudah memadai, kebersihan dan kerapian juga terjaga. Tempat wisata ini sangat recommended , you can feel the fresh water, the sound of nature, ints really nice place to relax your mind and refresh your soul to praise the Lord.

Komentar