Life's learning from "The Crucible" or "Silenced" Korean Movie (2011)



Image result

Official teaser, available on https://www.youtube.com/watch?v=k3BUIreDAeY

We talk about “SILENCED” movie by Korean, starred  Gong Yoo.  This movie based on the truth story which happened on South Korea in 2000. Bercerita tentang Gang In-Ho yang diperankan oleh Gong-Yoo, seorang guru baru di sekolah luar biasa.  Gang In-Ho menemukan beberapa kejanggalan di sekolah tempatnya bekerja, yang membuatnya merasa tidak nyaman, hingga akhirnya ia mengungkap kejadian pelecehan seksual dan penyiksaan terhadap anak tunarungu yang dilakukan oleh Kepala sekolah, guru, serta penjaga sekolah tersebut.  

Cerita ini sangat kompleks, dalam film ini diceritakan bagaimana Gang In-Ho dan aktivis HAM berjuang menuntut keadilan bagi tiga anak tuna rungu yang mengalami pelecehan seksual.  Pelaku  kejahatan terkenal sebagai sosok yang taat di gereja, termasuk penatua gereja, selain itu jaringan yang dimiliki juga luas. Selain itu, yayasan sekolah tunarungu itu ternyata didirikan oleh keluarga besar pelaku, sehingga banyak orang tidak percaya akan kejahatan “mereka”.  Selain itu, jaringan yang luas yang pelaku miliki, membuat proses hukum berjalan tidak adil, adanya suap dan nepotisme mewarnai proses hukum yang berlangsung. 
Sebuah peraturan tentang perjanjian damai, antara pelaku dan pihak keluarga merupakan celah untuk meringankan hukuman pelaku. Hal inilah yang dilakukan oleh pihak pelaku ke keluarga korban. Adanya suap  pekerjaan yang ditawakan pada jaksa  oleh pengacara "pelaku" yang licik sehingga jaksa tidak memberikan file yang akan memperberat vonis pelaku. Akhirnya, hasil sidang, memvonis hukuman ringan bagi para pelaku.  Hal ini sangat tidak adil dan sangat mengecewakan, tapi apalah daya Gang In-Ho cs, yang tidak memiliki apa-apa, selain kebenaran.
Akibat vonis yang tidak adil,Min Su, salah satu korban pelecehan seksual dan penyiksaan oleh gurunya punya dendam teramat dalam pada gurunya. Ketika dia mengetahui proses hukumnya tidak adil dia marah dan berniat membunuh gurunya.  Alhasil, Minsu berhasil membunuh gurunya, namun dia juga ikut mati bersama gurunya tertabrak kereta.  Hidup Minsu hancur karena ulah mereka yang punya kuasa tapi tak punya perasaan, berpura-pura baik namun kenyataannya sangat kejam, menyakiti dan membunuh jiwa seorang anak yang harusnya bertumbuh ceria sesuai usianya.

Image result for silenced

Hal menarik dalam film ini adalah tokoh guru Gang-in Ho, yang diperankan apik oleh Gong Yoo


 












Gong yoo berperan sebagai seorang guru baru bernama Gang In Ho- yang akhirnya rela dipecat untuk membantu menolong “korban pelecehan seksual”. Gang In Ho adalah seorang guru baru, gaji yang dimilikinya pun sedikit.  Dalam memperjuangkan proses hukum ini, Gang In Ho mempertaruhkan pekerjaannya, ia rela dipecat hingga tidak memiliki fasilitas rumah untuk ditinggali.  Selain itu, tekanan dari ibunya supaya Gang In Ho bekerja dengan baik dan memiliki penghasilan yang cukup untuk menghidupi anaknya sempat membuat Gong yoo galau untuk meneruskan proses hukum menuntut keadilan bagi anak-anak tuna rungu yang sudah tidak yatim piatu.  Untunglah Gang In Hoberprinsip teguh untuk menolong mereka, karena menurutnya dia tak akan menjadi ayah yang baik untuk anaknya bila dia tidak mendukung proses hukum ini. Setelah proses hukum selesai, Gang In Hopun menyadari akan apa yang harus ia lakukan untuk keluarganya, sehingga ia dengan sedih hati terpaksa meninggalkan anak-anak korban pelecehan seksual yang selama ini tinggal bersamanya bersama dengan aktivis HAM. Pegawai HAM inilah yang menjaga dan merawat “korban”.  Gang In Hopun kembali ke keluarganya dan tetap kontak dengan mereka.  Gang In Ho memulai hidup baru lagi dan dia tidak menyesali atas apa yang pernah terjadi di dalam hidupnya.  Walaupun hukum tidak adil, namun hal yang dilakukan Gang In Ho  dan aktivis HAM menyelamatkan hidup anak-anak korban pelecehan seksual menjadi lebih baik.  Hal yang dilakukan Gang In Ho tidak sia-sia, dia menyelamatkan hidup "korban", walaupun hukum memang tidak adil terhadap pelaku.  Namun, poin pentingnya bukan di pembalasan hukum, tapi bagaimana yang dilakukan menyelamatkan hidup seseorang.
Hal yang menarik dari cerita SILENCED ini adalah saat dalam kondisi kekurangan, tetap bertahan untuk memperjuangkan kebenaran yang diyakini.  Memang, tidak dapat mengubah dunia seperti apa yang kita mau, namun perubahan yang kita lakukan dapat mengubah orang terdekat dan mungkin dapat memberikan hidup bagi mereka yang membutuhkan pertolongan.

I recommended this movie for you..  Wake up to care others!

Komentar