Hal yang penting untuk diketahui tentang DIET

          

Makanan pilihanmu mempengaruhi kesehatanmu sekarang, besok, dan masa depan. Gizi yang baik dan aktivitas fisik yang cukup akan membantu tubuh menjaga berat badan ideal dan mengurangi risiko penyakit ganas seperti kanker, DM, osteoporosis, dan sebagainya
.
Tren diet
Saat ini banyak tren diet yang berkembang di masyarakat dan menawarkan penurunan berat badan drastis dalam waktu singkat.  Diet-diet yang ditawarkan tentu akan sangat menggiurkan bagi orang-orang yang memiliki masalah kelebihan berat badan.  Diet yang ada seperti OCD, Mayo, Paleo, probiotik, golongan darah, dan masih banyak lagi.  Dalam memilih diet yang tepat, Kamu harus bijak karena salah diet dapat berakibat fatal bagi diri sendiri.  Oleh sebab itu, dalam blog ini akan membahas prinsip diet yang baik untuk menurunkan berat badan.

Proses naik dan turun berat badan



            Persamaan keseimbangan energi merupakan dasar untuk memahami proses naik dan turunnya berat badan. Dalam diet menurunkan berat badan, Kamu perlu  mengurangi jumlah kalori yang masuk karena kalori yang berlebihan akan disimpan dalam sel lemak.  Sel lemak dalam tubuh dapat diibaratkan seperti brankas untuk menyimpan kalori yang berlebihan.  Apapun metode diet, cabang olahraga, program latihan, atau mengonsumsi suplemen jika kalorinya masih berlebihan, maka penurunan berat badan akan sulit.  Penurunan 1 kg berat badan yang baik, biasanya membutuhkan waktu 2-3 minggu.

Berat badan sering berubah nilainya ketika ditimbang
Pernahkah Kamu mengalaminya? Jangan khawatir jika Kamu mengalaminya, karena itu adalah hal wajar. Perubahan berat badan (bisa naik atau turun) secara cepat karena adanya retensi air dalam tubuh.  Karbohidrat di tubuh yang disimpan dalam bentuk glikogen memiliki sifat mengikat air dan setiap 1 gram akan mengikat sebesar 3 mililiter air.  Selain karbohidrat, natrium yang tergantung dalam garam dapat memicu kelebihan air dalam tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Itulah sebabnya mengapa mengurangi karbohidrat dan garam dapat menurunkan berat badan.  Retensi air merupakan penyebab berat badan dapat naik turun dalam hitungan jam.  Prinsip inilah yang diterapkan dalam diet mayo dan diet paleo yang mengurangi konsumsi karbohidrat dan garam.

Sindrom yoyo
           
Ketika Kamu mencoba diet, Kamu harus melakukan dengan cermat dan tekun.  Dalam melakukan diet Kamu juga harus mengerti tentang sindrom yoyo. Sindrom yoyo adalah kondisi berat badan dapat turun ketika sesorang melakukan diet, namun kemudian kembali lagi naik, hal itu terjadi berulang kali bahkan dapat menyebabkan pelaku diet sampai harus masuk rumah sakit.  Penyebab sindrom yoyo bermacam-macam, tetapi biasanya terjadi karena diet hipokalori yang terlalu ekstrem dan berlangsung lama lebih dari sebulan.  Hipokalori berarti kalori yang masuk dalam tubuh terlalu rendah 

Komentar