KEFIR
·         Apa itu kefir?
Kefir merupakan salah satu jenis olahan susu fermentasi yang berasal dari Kaukasia, Rusia. Kefir merupakan minuman probiotik yang mengandung kompleks bakteri probiotik dan khamir.  Bakteri probiotik yang ada dalam kefir, seperti lactobacilli, lactococi, leuconostoc, dan acetobacteria, sedangkan khamir dalam kefir yaitu Saccaromyces cerevisiae (ragi tape).
Kefir dapat terbuat dari susu sapi, susu kambing, sari kedelai, bahkan air putih pun juga bisa.  Kefir dibuat dengan cara menambahkan bibit kefir dalam susu yang telah dipasteurisasi sebesar 3-5% dari total susu.

·         Bibit kefir
Bibit kefir
Bibit atau starter kefir terdiri dari kompleks bakteri dan khamir yang  berbentuk seperti bunga kol dengan ukuran diameter berkisar 3-20 mm.
Penyimpanan bibit kefir dalam suhu rendah merupakan cara penyimpanan terbaik.  Garrote et al (1997) menyebutkan bahwa penyimpanan pada suhu -800C hingga -200C selama 120 hari tidak merubah properti fermentasinya diabndingkan dengan bibit kefir yang disimpan dalam suhu ruang.

·         Persamaan dan perbedaan kefir dengan yogurt
Kefir ini hampir mirip seperti yogurt karena sama-sama meiliki rasa asam, kaya akan bakteri probiotik, dan punya manfaat kesehatan.  Walupun kefir belum terkenal seperti yogurt, kefir terbukti memilki manfaat kesehatan yang tidak kalah dari yogurt.
Sebenarnya apa perbedaan kefir dengan yogurt? Perbedaannya terletak pada proses pembuatan dan rasa dari kefir dan yogurt
Yogurt dan kefir sama-sama memiliki tekstur creamy dan rasa asam.  Kefir mengandung alkohol sekitar 0,5-1% karena adanya aktivitas metabolisme dari khamir (Saccaromyces cervisiae), hal inilah yang membuat kefir memiliki citarasa yang berbeda dari yogurt.

·         Cara Pembuatan Kefir
·         Alat
Panci
Termometer
Toples
Pengaduk
·         Bahan
Susu kambing
Bibit kefir




 




Komentar