Apakah kopi boleh dikonsumsi oleh Ibu hamil?


Jawabannya adalah BOLEH dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Berdasarkan American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), kopi boleh dikonsumsi Ibu hamil dengan batas 200mg kafein per hari atau maksimal 2 gelas per hari dan ibu tidak mengalami keluhan setelah mengonsumsi kopi.  Jika ada keluhan seperti jantung berdebar atau tekanan darah naik, sebaiknya tidak minum kopi selama kehamilan.

Kenapa Kopi harus dibatasi oleh Bumil?
karena kandungan kafein kopi yang tinggi.  Apa yang dikonsumsi ibu hamil juga dikonsumsi oleh bayi yang masih dalam kandungan.  Hal yang harus diperhatikan adalah bayi memiliki metabolisme sendiri.  Kafein yang dikonsumsi ibu dapat dimetabolisme secara biasa oleh tubuh ibu, namun tidak demikian dengan metabolisme bayi, dimana kafein lebih lama dimetabolisme.  Hasil penelitian menyebutkan bahwa konsumsi tinggi kafein (>200mg) pada ibu hamil dapat mengakibatkan keguguran dan bayi lahir dengan berat badan kurang (kurang dari 2,6 kg).

Sebenarnya kafein juga terkandung dalam teh dan coklat.  Untuk Ibu hamil yang suka dengan kopi, disarankan untuk minum kopi dekafein, yaitu kopi yang sudah dihilangkan kafeinnya (meminimalkan risiko efek dari kafein).

Berikut daftar kandungan kafein dari beberapa produk (1oz=29,58 mL)
Coffee
Amount
Caffeine
coffee, generic brewed
8 oz
95-200 mg
coffee, Starbucks brewed
12 oz
240 mg
coffee, Dunkin' Donuts brewed
16 oz
211 mg
caffé latte, misto, or cappuccino, Starbucks
16 oz
150 mg
caffé latte, misto, or cappuccino, Starbucks
12 oz
75 mg
espresso, Starbucks
1 oz (1 shot)
75 mg
espresso, generic
1 oz (1 shot)
64 mg
coffee, generic instant
1 tsp granules
31 mg
coffee, generic decaffeinated
8 oz
2 mg

Sumber

Komentar