6 Cara Membuat Kopi Lebih Sehat Dikonsumsi

Kopi hitam

Kopi merupakan salah satu minuman yang populer di dunia. Indonesia merupakan salah satu negara dengan konsumsi kopi terbesar urutan ke-6 di dunia . Berdasarkan data International Coffee Organization (ICO) mencatat konsumsi kopi Indonesia periode 2016/2017 mencapai 4,6 juta kemasan 60 kg/lb (60 kg).
Banyak informasi tentang kopi  yang beredar di masyarakat, ada yang menyebutnya baik untuk kesehatan adapula yang menyebut kopi bersifat adiktif dan berbahaya.  Berdasarkan hasil penelitian, ilmuwan menemukan kopi memilki kandungan antioksidan yang tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Manfaat kesehatan kopi dapat menjadi sia-sia jika dikonsumsi dengan cara yang kurang tepat, untuk memaksimalkan kopimu menjadi minuman super sehat, berikut 6 tipsnya :

1. Tidak mengonsumsi kopi/kafein setelah jam 2 siang

Kopi merupakan sumber natural kafein terbanyak. Kafein berfungsi sebagai stimulan yang membuatmu lebih bersemangat dan mengurangi kantuk. Agar kafein kopi tidak mengganggu kualitas tidurmu, sebaiknya konsumsi kopi sebelum jam 2 siang. Apabila kamu ingin tetap minum kopi, sebaiknya kamu memilih kopi dekafein (kopi yang telah dihilangkan sebagian kafeinnya).  
Tidak minum kopi setelah jam 2 merupakan guideline yang baik untuk menjaga kualitas tidurmu tetap baik, walaupun tidak semua orang sensitif terhadap kafein, yaitu mereka yang tetap dapat tidur baik walaupun minum kopi sore atau malam hari.

2. Mengonsumsi kopi “Less sugar”

 WHO merekomendasikan batas anjuran gula per hari adalah 50 gram atau 4 sdm, yang berarti dalam 1 sdm mengandung 15 gram gula. Apabila kamu konsumsi gula untuk kopimu sebaiknya 1 sdm, agar 35 gram sisanya untuk kapasitas makanan lain yang akan kamu makan. Pembatasan ini penting untuk mencegah diabetes mellitus. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati?
Apabila kamu konsumsi kopi lebih dari 1 kali dan ingin tetap menggunakan gula, sebaiknya ganti gula dengan stevia.

 3. Pastikan perut terisi sebelum minum kopi

Kebanyakan orang minum kopi untuk memulai harinya. Minum kopi sebelum makan dapat berdampak pada asam lambung naik dan membuat gula darahmu turun sehingga kamu merasa lemas. Ketika kamu minum kopi sebelum makan, tubuhmu akan mengeluarkan insulin untuk merespon kopi, hal ini menyebabkan gula dalam darah menurun dan membuatmu lemas ataupun pusing. Selain itu, produksi asam lambut meningkat membuat perncernaanmu tidak nyaman. Oleh sebab itu, pastikan perutmu terisi dengan makanan terlebih dulu.

4. Menambahkan Cinnamon (kayu manis) dalam kopi

Cinnamon atau kayu manis dapat menambah aroma harum kopi, selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat menurunkan kadar glukosa darah, kolesterol dan trigliserida. Tambahkan sedikit kayu manis untuk membuat kopimu lebih nikmat.

5. Tidak menggunakan krimer

dok.pribadi

Krimer dapat mengurangi rasa pahit dan menambah gurih kopi. Krimer juga aman dikonsumsi untuk orang dengan intoleransi laktosa atau alergi susu. Namun, kandungan gizi krimer sangat rendah dan krimer mengandung lemak trans. Lemak trans inilah yang tidak bersahabat dengan tubuh kita, apabila tubuh berlebihan mengonsumsi lemak trans akan meningkatkan lemak jahat LDL (Low density Lipoprotein) ditandai dengan tingginya kolesterol dan berisiko terhadap penyakit jantung dan pembuluh darah.
Apabila kamu menginginkan kopi dengan rasa gurih, kamu bisa mengganti dengan susu, cocoa atau virgin coconut oil (minyak kelapa murni).  FYI: Minyak kelapa murni itu bukan minyak goreng ya.


6. Menambahkan 1sdt cocoa/coklat

www.dsv.com/downloads-and-services/customer-cases/cargill-cocoa-and-chocolate

Coklat banyak mengandung antioksidan dan dapat menambah rasa kopi menjadi lebih nikmat. Buat kamu yang suka kopi moka, berbahagialah karena penambahan coklat membuat kopimu lebih sehat tapi perlu diingat harus tetap “less sugar” ya.


 Simpulan

Kopi merupakan minuman populer yang mempunyai kandungan kafein yang bersifat stimulan yang membuat kita lebih semangat dan mengurangi kantuk.
Konsumsi kopi memilki banyak manfaat kesehatan karena tinggi antioksidan, untuk mendapatkan maksimal dari kopi sebaiknya tidak menambah gula dan krimer. Cara lain agar kopi tetap nikmat, kamu dapat menambahkan kayu manis, susu, atau coklat. Konsumsi kopi sebaiknya sebelum jam 2 siang agar kualitas tidurmu tetap baik apabila kamu sensitif terhadap kafein.
Apabila kamu mengikuti tips di atas, kamu dapat membuat kopi supersehat yang mendukung kesehatanmu dalam beraktivitas sehari-hari.





Sumber:
Katadata.co.id dengan judul ["Indonesia Masuk Daftar Negara Konsumsi Kopi Terbesar Dunia"]. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/12/12/indonesia-masuk-daftar-negara-konsumsi-kopi-terbesar-dunia

8 Ways to Make Your Coffee SuperHealthy. https://www.healthline.com/nutrition/8-ways-to-make-your-coffee-super-healthy#section7. Published April, 24 2018

9 Easy Ways To Make Your Coffee Healthier.. https://blog.paleohacks.com/9-easy-ways-to-make-your-coffee-healthier/

Komentar