4 Cara Natural untuk Treatment Cavity (gigi berlubang)

Hasil gambar untuk cavity
Mayoclinic
Sakit gigi itu membuat badan rasanya tidak nyaman sama sekali. Ngilu gigi biasanya disebabkan karena gigi berlubang, dan itulah yang saya alami saat saya skripsi. Ini sungguh menyiksa, sampai saya menangis dalam tidur saya.

Saya kesal kenapa gigi saya berlubang padahal saya rajin 2 kali sehari gosok gigi, sedangkan ada teman saya yang jarang gosok gigi saat malam hari tapi giginya tak bermasalah seperti saya.
Kemudian saya renungkan, pasti ada kebiasaaan saya yang membuat gigi saya berlubang. Ya, ternyata ada kebiasaan minum minuman manis, seperti jus buah manis, kopi instan, teh manis, mocha float. Terkadang sehabis gosok gigi, saya minum manis sebelum tidur. Mungkin hal inilah yang menyebabkan gigi saya berisiko tinggi berlubang.

Pengalaman ini membawa saya pada rasa penasaran, bagaimana untuk merawat gigi lebih baik lagi supaya gigi saya tetap sehat seiring berjalannya usia. Ternyata Cavity pada stage awal/ masih sangat kecil dapat dicegah keparahannya dengan cara perawatan secara natural dengan cara mempertahankan enamel gigi dan menghambat karies, berikut tips dari Dr, Josh Axe

1. Tidak konsumsi gula

Ganti pemanis dari buah berry, apel atau madu.
Faktanya memang gula dapat menyebabkan kerusakan gigi
Berdasarkan penelitian di Finlandia, meminum 1-2 kali minuman manis per hari berisiko 31% mengalami cavities/ gigi berlubang.
Gula yang dikonsumsi bereaksi dengan jutaan bakteri yang ada di dalam mulut menyebabkan asam pada mulut, hal inilah yang dapat merusak enamel gigi sehingga menyebabkan karies, akhirnya gigi menjadi berlubang. Proses pembentukan karies sekitar 6 bulan, inilah alasannya kenapa kita dianjurkan periksa ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.


2. Konsumsi probiotik dalam diet harianmu

Kefir dan yogurt susu kambing sangat kaya akan mineral yang baik untuk kesehatan gigi. Olahan makanan fermentasi, seperti kimchi dan saurkraut kaya akan probiotik yang baik untuk kesehatan gigi.

3. Perbanyak konsumsi vitamin A,D,E,K , Magnesium dan Kalsium

Kefir/Yogurt susu kambing merupakan salah satu makanan yang mengandung zat gizi lengkap vitamin A,D,EK, Magnesium, dan Kalsium yang dapat memperkuat gigi. Konsumsi 250 ml/hari dianjurkan untuk kesehatan gigi.

4. Disiplin membersihkan gigi

Menyadari bahwa gigi saya berisiko mengalami kerusakan, maka saya harus disiplin gosok gigi minimal 2 kali sehari, menggunakan floss minimal 1 kali sehari dan berkumur menggunakan antibacterial mouthwash.


Pengobatan gigi lumayan mahal, antre pemeriksaannya pun terkadang lama, lebih baik mencegah dengan cara merawatnya daripada mengobati. 


Sumber:

Mayoclinic. Available at https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cavities/symptoms-causes/syc-20352892
Verena Tan, RD, PhD . 2017. Available at https://www.healthline.com/nutrition/how-sugar-destroys-teeth



Komentar