MINDFULNESS : PRAKTEK PRAKTIS UNTUK KEDAMAIAN DAN KESEJAHTERAAN JIWA

             Pikiranmu penuh atau penuh pikiran? Sulit untuk membedakannya ya kalau dibahasa Indonesia kan, kalau bahasa Inggris mungkin akan lebih ngena ya,

*Are you mindful or is your mind full? *


         Pikiran adalah senjata hidup setiap orang untuk bersikap dan bertindak. Namun, seringkali pikiran terjebak wisata masa lalu atau masa depan, sehingga mengabaikan apa yang sedang dijalani. Terkadang pikrian penuh dengan pemikiran, cerita, dan narasi yang tidak selalu ada hubungannya dengan apa yang sebenarnya terjadi saat ini. Dalam beberapa kasus, pikiran mungkin terjebak dalam cerita yang bahkan tidak didasarkan pada kenyataan. Disinilah pentingnya MINDFULNESS.

Mindfulness adalah memusatkan pikiran dengan fokus kesadaran apa yang harus dilakukan pada momen saat ini. Hidup 1 hari untuk 1 hari, kesusahan kesedihan, kebahagiaan hari ini ya cukup untuk haari ini, esok ada tantangan lagi dan dihadapi lagi dengan mindfulness.

Pada dasarnya sifat pikiran itu  berpikir, menganalisis, dan mencari tahu, itu memang tugasnya, berarti jika dibiarkan sendiri, pikiran akan terus mencari rangsangan baru, hal-hal baru untuk dipikirkan, dan cara-cara baru untuk memeriksa dari kenyataan.

Latihan mindfulness adalah cara untuk melatih kembali pikiran dengan lembut untuk menetap di saat sekarang. Ini seperti menjadi orang tua bagi pikiran sendiri yang bertugas mengarahkan.

 

Bagaimana cara menetapkan mindfulness?

Cara termudah untuk melatih perhatian adalah fokus pada napas, mengistirahatkan perhatian Anda pada inhalasi dan pernafasan berulang kali.  Nah, mindfullness ini punya spektrum kategori yang luas dalam prakteknya, namun yang sering dipraktekkan yaitu meditasi, jounaling, mindful eating, mindful walking, mindful commuting, dan mindful coloring (doodling).

 Manfaat dari menerapkan mindfulness

  • meningkatkan kemampuan kognitif
  • memperlambat penuaan otak
  • mengurangi gejala stres, depresi, dan anxiety
  • mengurangi rasa sakit (pain management)
  • meningkatkan kualitas hidup pasien dengan penyakit kronis

 

Komentar